Sakit Perut

Sakit Perut - Nyeri perut adalah nyeri yang Anda rasakan di antara dada dan pangkal paha. Hal ini sering disebut sebagai daerah perut atau perut.


Anda tahu perasaan buruk itu: Anda mual; Perut Anda terasa seperti diikatkan pada simpul, dan Anda bahkan tidak ingin bergerak. Apa arti rasa sakitmu? Nah, mari kita bicara hari ini tentang sakit perut. Lantas, apa yang menyebabkan sakit perut? Hampir setiap orang memiliki rasa sakit di perut mereka pada satu waktu atau yang lain. Sebagian besar waktu, masalah medis yang serius bukanlah penyebabnya, dan seberapa buruk rasa sakit Anda tidak selalu mencerminkan keseriusan masalah yang menyebabkan rasa sakit Anda. baca juga : QnC Jelly Gamat

Anda mungkin merasa sangat sakit jika Anda mengalami kram gas atau perut karena gastroenteritis virus, lebih dikenal dengan virus perut. Dan beberapa kondisi yang mengancam jiwa, seperti kanker usus besar atau kasus radang usus besar yang sangat dini, hanya dapat menyebabkan rasa sakit ringan, atau tidak ada rasa sakit sama sekali. Hal penting yang perlu diketahui tentang sakit perut adalah saat Anda membutuhkan perawatan medis segera. Penyebab sakit perut yang kurang serius meliputi konstipasi, sindrom iritasi usus besar, alergi makanan, intoleransi laktosa, keracunan makanan, dan virus perut. baca juga : Obat Herbal Radang Usus 

Penyebab lainnya, yang lebih serius, termasuk radang usus buntu, aneurisma aorta perut, penyumbatan usus, kanker, dan refluks gastroesofagus. Terkadang, Anda mungkin menderita sakit perut dari masalah yang tidak ada di perut Anda, seperti serangan jantung, kram menstruasi, atau pneumonia. Jadi, apa yang Anda lakukan tentang sakit perut? Nah, jika Anda memiliki sakit perut ringan, berikut adalah beberapa tip bermanfaat:

Cobalah menghirup air atau cairan bening lainnya. Hindari makanan padat selama beberapa jam pertama. Jika sudah muntah, tunggu 6 jam lalu makan sejumlah kecil makanan ringan seperti nasi, saus apel, atau biskuit. Jika rasa sakit Anda tinggi di perut dan terjadi setelah makan, antasida bisa membantu, terutama jika Anda merasa mulas atau gangguan pencernaan. Anda harus mencari pertolongan medis jika mengalami sakit perut dan dirawat karena kanker, Anda tidak dapat melewati tinja, Anda muntah darah, atau Anda menderita nyeri dada, leher, atau bahu. Hubungi dokter Anda jika Anda menderita sakit perut yang berlangsung 1 minggu atau lebih, jika rasa sakit Anda tidak membaik dalam 24 sampai 48 jam, jika kembung berlangsung lebih dari 2 hari, atau jika Anda menderita diare lebih dari 5 hari. baca juga : QnC Jelly Gamat


Pertimbangan

Hampir semua orang memiliki rasa sakit di perut pada titik tertentu. Sebagian besar waktu, itu tidak serius.

Seberapa buruk rasa sakit Anda tidak selalu mencerminkan keseriusan kondisi yang menyebabkan rasa sakit.

Misalnya, Anda mungkin memiliki rasa sakit perut yang sangat buruk jika Anda mengalami kram gas atau perut karena gastroenteritis virus.

Namun, kondisi yang mengancam jiwa, seperti kanker usus besar atau apendisitis awal, hanya dapat menyebabkan rasa sakit ringan atau tidak ada rasa sakit.

Cara lain untuk menggambarkan rasa sakit di perut Anda meliputi:

  • Rasa sakit umum: Ini berarti Anda merasakannya di lebih dari separuh perut Anda. Jenis rasa sakit ini lebih khas untuk virus perut, gangguan pencernaan, atau gas. Jika rasa sakit menjadi lebih parah, itu mungkin disebabkan oleh penyumbatan usus.
  • Nyeri lokal: Rasa sakit hanya ditemukan di satu area perut Anda. Hal ini lebih cenderung menjadi pertanda adanya masalah pada organ, seperti usus buntu, kantong empedu, atau perut.
  • Nyeri seperti kram: Jenis rasa sakit ini tidak serius hampir sepanjang waktu. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh gas dan kembung, dan sering diikuti oleh diare. Tanda yang lebih mengkhawatirkan meliputi nyeri yang terjadi lebih sering, berlangsung lebih dari 24 jam, atau terjadi demam.
  • Sakit kolik: Jenis rasa sakit ini muncul dalam gelombang. Ini sangat sering dimulai dan berakhir tiba-tiba, dan seringkali parah. Batu ginjal dan batu empedu adalah penyebab umum dari jenis rasa sakit perut ini.

Penyebab

Banyak kondisi yang berbeda dapat menyebabkan sakit perut. Kuncinya adalah mengetahui kapan Anda harus segera mendapatkan perawatan medis. Terkadang Anda mungkin hanya perlu menghubungi penyedia layanan kesehatan jika gejala Anda berlanjut.

Penyebab sakit perut yang kurang serius meliputi:

  • Sembelit
  • Sindrom iritasi usus
  • Alergi makanan atau intoleransi (seperti intoleransi laktosa)
  • Keracunan makanan
  • Perut flu


Penyebab lain yang mungkin termasuk:

  1. Radang usus buntu
  2. Aneurisma aorta perut (melotot dan melemahnya arteri utama di tubuh)
  3. Penyumbatan usus atau penyumbatan
  4. Kanker perut, usus besar (usus besar), dan organ lainnya
  5. Cholecystitis (radang kandung empedu) dengan atau tanpa batu empedu
  6. Penurunan suplai darah ke usus (ischemic bowel)
  7. Divertikulitis (peradangan dan infeksi usus besar)
  8. Mulas, gangguan pencernaan, atau gastroesophageal reflux (GERD)
  9. Penyakit radang usus (Crohn disease atau ulcerative colitis)
  10. Batu ginjal
  11. Pankreatitis (pembengkakan atau infeksi pankreas)
  12. Ulkus


Terkadang, sakit perut bisa terjadi karena ada masalah di tempat lain di tubuh Anda, seperti daerah dada atau panggul. Misalnya, Anda mungkin menderita sakit perut jika memilikinya:

  • Kram menstruasi parah
  • Endometriosis
  • Ketegangan otot
  • Penyakit radang panggul (PID)
  • Kehamilan tuba (ektopik)
  • Infeksi saluran kemih

baca artikel sebelumnya : Penyakit Crohn
posted by : lintasduniaherbal.blogspot.co.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kunyit

12 BUKTI MANFAAT SPIRULINA

Kandungan dan Khasiat Jagung Untuk Kesehatan